Wirausaha Mantap Sejahtera
home     program

Wirausaha Mantap Sejahtera

Wirausaha Mantap Sejahtera
Program wirausaha terintegrasi antara pelatihan ide, praktek usaha, pengembangan diri dan mentoring usaha berkelanjutan dengan tujuan agar para calon pensiunan dan pensiunan dapat berkarya membangun usaha dan hidup sejahtera di masa pensiun.
 
Latar Belakang
  1. Indonesia akan mengalami ledakan populasi lansia pada tahun 2050 dengan jumlah mencapai 80 juta jiwa lansia sehingga Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan jumlah lansia terbesar di dunia (sumber : UN Population Projection). Hal ini berpotensi menjadi beban bagi populasi usia produktif dimana lansia tersebut dimungkinkan untuk menderita sakit, tidak mampu melakukan apa – apa dan tergantung kepada orang lain.
  2. Life Insurance Marketing Research Association (LIMRA) mengadakan survey terhadap 100 orang pekerja yg saat itu masih berusia 25 tahun, ketika mereka berusia 65 tahun diadakan survey ulang, dan hasilnya menunjukkan hanya sekitar 5% lansia yang mandiri secara finansial, sedangkan sisanya masih bekerja keras dan tergantung kepada orang lain.
  3. 53% masyarakat Indonesia khawatir akan kemampuan menjalani masa pensiun yang berkecukupan.
 
Tujuan Program
  1. Bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk menumbuhkan jumlah wirausaha di Indonesia, khususnya dari kalangan pensiunan.
  2. Mendorong pensiunan untuk bisa mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.
  3. Wirausaha dapat menjadi pilihan kegiatan utama untuk mendukung produktivitas di masa pensiun.
  4. Sarana pengembangan diri dan menuangkan ide serta kreativitas untuk menjaga tingkat keaktifan di masa pensiun.