Program Sehat Bersama Mantap
home     program

Program Sehat Bersama Mantap

Latar Belakang

  1. Hasil sensus penduduk tahun 2010 menunjukkan bahwa Indonesia termasuk lima besar negara dengan jumlah penduduk lanjut usia terbanyak di dunia, yang mencapai 18,1 juta jiwa atau 7,6 persen dari total penduduk. Badan Pusat Statistik (2013) memproyeksikan bahwa jumlah penduduk lanjut usia (60+) diperkirakan akan meningkat menjadi 27,1 juta jiwa pada tahun 2020, menjadi 33,7 juta jiwa pada tahun 2025 dan 48,2 juta jiwa pada tahun 2035.  

  2. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2013) bahwa masalah utama bagi para lanjut usia adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan akibat proses degeneratif.

  3. Sesuai hasil survey yang dilaksanakan di kantor cabang Bank Mantap pada 2016 lalu dengan jumlah responden sebanyak 709 orang berusia 50 - 70 tahun, diketahui bahwa kegiatan fisik yang diharapkan oleh pensiunan adalah olah raga bersama dan cek kesehatan gratis.

 

Pelaksanaan Program

  1. Pelaksanaan kegiatan Sehat Bersama Mantap merupakan wujud implementasi dari pilar I Program Mantap Indonesia yaitu Mantap Sehat, yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat untuk mencapai kondisi sehat optimal.

  2. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Sehat Bersama Mantap dimaksud adalah :

  1. Program kesehatan dilaksanakan dalam bentuk olahraga bersama dan sarapan bersama

  2. Berikut adalah detail kegiatan Sehat Bersama Mantap adalah sebagai berikut :