Bank Mantap Gelar Festival Mantap Indonesia Bagi Pensiunan
home     berita

Bank Mantap Gelar Festival Mantap Indonesia Bagi Pensiunan

Jakarta, 28 Januari 2018 – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menghelat ajang tahunan Festival Mantap Indonesia sebagai puncak rangkaian HUT perseroan ke-3 tahun serentak di 2 (dua) kota besar yaitu Jakarta dan Medan untuk meningkatkan brand awareness dan engagement kepada pensiunan dengan mengundang Persatuan Werdata Republik Indonesia (PWRI) dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) sebagai perwakilan pensiunan dari PNS dan TNI/Polri. Dalam event yang digelar pada Minggu, 28 Januari 2017 tersebut, perseroan berharap dapat mendatangkan lebih dari 3.500 pengunjung di dua kota, dimana seluruhnya akan melakukan kegiatan jalan sehat, senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerjasama dengan Mandiri Inhealth.

Pada saat yang sama, Bank Mantap juga meresmikan logo perusahaan yang baru sesuai dengan pemilik saham yaitu Bank Mandiri dan Taspen oleh Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso serta disaksikan oleh Direktur Bank Mandiri Kartini Sally dan Direktur Taspen Bagus Rumbogo.
 
“Sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Tahun 2017 Bank Mantap dan telah keluarnya ijin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perseroan melakukan perubahan nama dan logo perusahaan yang sebelumnya PT Bank Mandiri Taspen Pos menjadi PT Bank Mandiri Taspen tetapi perseroan tetap menggunakan identitas Bank Mantap” ungkap Josephus.
 
Direktur PT Taspen Bagus Rumbogo menambahkan, perubahan nama dan logo perusahaan Bank Mantap yang sebelumnya salah satu pemilik saham  Bank Mantap yaitu PT Pos Indonesia yang diakusisi oleh PT Taspen sebesar 20 persen, merupakan bukti keseriusan Taspen untuk memperkuat struktur permodalan Bank Mantap sebagai bank pensiunan di Indonesia.
 
“Pada akhir tahun 2017, PT Taspen telah menyetorkan modal kepada Bank Mantap sebesar Rp 80 milliar untuk memperkuat ekspansi bisnis Bank Mantap yaitu salah satu rencananya pengembangan jaringan Bank Mantap secara nasional pada tahun 2018 sebanyak 20 jaringan kantor dan 50 jaringan low cost network Graha Mantap, yang sebelumnya sampai akhir tahun 2017 jumlah kantor cabang Bank Mantap sebanyak 186 jaringan kantor di 28 provinsi” tutur Bagus.
 
Acara Festival Mantap Indonesia sebagai bentuk apresiasi kepada para pensiunan dari PNS dan TNI/Polri yang telah usai mengabdi bagi negeri ini melalui acara-acara hiburan, wisata kuliner dan bazaar yang diisi oleh mitra binaan pensiunan Bank Mantap yang tetap produktif dan aktif di masa pensiun sesuaitagline Bank Mantap “Tiada kata pensiun untuk berkarya”.
 
“Saat ini jumlah nasabah pensiunan Bank Mantap pada akhir bulan Desember 2017 berjumlah 59.180 orang atau meningkat 272 persen dari periode tahun sebelumnya dengan jumlah pensiunan 21.767 orang. Meningkatnya jumlah nasabah pensiunan secara signifikan adalah indikator bahwa nasabah pensiunan PNS dan TNI/Polri puas dengan produk dan layanan Bank Mantap, tapi kami tidak akan pernah puas dalam berbenah serta meningkatkan produk dan jasa layanan Bank” ujar Josephus.
 
Pada acara Festival Mantap Indonesia juga dilaksanakan penarikan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dengan hadiah paket Wisata Religi Rohani (berkunjung ketempat suci bagi keyakinan agama pemenang beserta pasangannya) untuk 3 (tiga) pemenang beserta pasangannya bagi 38.000 lebih debitur pensiunan yang diundi.
 
Tentang Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap)
 
Bank Mantap merupakan bentuk sinergi untuk negeri dari 2 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Taspen (Persero) yang sebelumnya bernama Bank Sinar Harapan Bali dan secara resmi berganti nama menjadi Bank Mandiri Taspen per tanggal 23 Desember 2017 seiring dengan keluarnya ijin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk penggunaan nama baru tersebut.
 
Sampai dengan bulan Desember 2017 total Asset yang dimiliki Bank Mantap di posisi Rp 13,68 triliun atau tumbuh sekitar 85,2 persen, sedangkan posisi Dana Pihak ke-3  mencapai Rp 9,73 triliun atau tumbuh sampai dengan 72,2 persen, untuk penyaluran kredit berkisar Rp 10,50 triliun atau meningkat sampai 113,1 persen, khusus untuk penyaluran kredit pensiunan sebesar Rp 8,51 triliun dengan persentase tumbuh 210,6 persen,  sedangkan laba bersih yang dihasilkan sebesar 160 miliar atau naik sampai dengan 215,9 persen dari periode tahun sebelumnya. Saat ini Bank Mantap mempunyai jaringan kantor sebanyak 186 jaringan yang tersebar di 28 provinsi.
 
Susunan pengurus perseroan sebagai berikut :

Dewan Komisaris :
1.   Komisaris Utama : Abdul Rachman
2.   Komisaris : Agus Haryanto
3.   Komisaris : Edhi Chrystanto
4.   Komisaris Independen : Sukoriyanto Saputro
5.   Komisaris Independen : I Wayan Deko Ardjana

Direksi :
1.   Direktur Utama : Josephus Koernianto Triprakoso
2.   Direktur : Paulus Endra Suyatna
3.   Direktur : Nurkholis Wahyudi
4.   Direktur : Ida Ayu Kade Karuni
5.   Direktur : Muhamad Gumilang
6.   Direktur : Iwan Soeroto *)
*) efektif setelah dinyatakan fit & proper oleh OJK
 
Bambang T. Pramusinto
Corporate Secretary & Legal
PT Bank Mandiri Taspen