Links

Pencarian
Suku Bunga & Tarif
Simulasi
 

Ikuti Kami di




Gaya Hidup Sehat

Sumber Photo : Bank Mantap.
4 Hal yang Membuat Masa Pensiun Anda Lebih Bahagia
 
Menjawab mana yang mesti didahulukan antara sehat atau bahagia ibarat dihadapkan pada teka-teki ayam atau telur. Karena badan yang sehat bisa membuat bahagia, pun sebaliknya, rasa bahagia punya dampak yang tidak remeh terhadap kesehatan badan. Sehingga yang diperlukan adalah keseimbangan di antara urusan fisik dan emosional.
 
Kesehatan fisik, seperti yang biasa kita ketahui, ditandai dengan daya hidup, ketahanan tubuh, sampai fungsi dan kondisi positif organ-organ badan. Sementara kesehatan emosional lebih pada kenyamanan, perasaan, sampai kondisi mental manusia. Emosi yang sehat membuat manusia mampu mengendalikan pikiran, perasaan, serta perilakunya dengan baik.
 
Untuk kesehatan fisik, tentunya kita mesti berolahraga secara teratur; sementara terkait emosi, menurut Dr. Barbara L. Fredickson, psikolog dan ahli kesehatan emosi asal Amerika Serikat: “Kita harus memperluas kesadaran diri dan membuka pikiran terhadap hal-hal lain, atau ide baru.”
Apa persisnya yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesehatan emosi, terutama saat menjalani masa pensiun?
 
Menjaga kondisi keuangan
 
Meski sudah tidak aktif bekerja, bukan berarti bisa lepas sama sekali dari kekhawatiran soal uang. Apalagi, keadaan cukup rentan terhadap kebutuhan dana terkait kesehatan, atau sekadar tidak ingin merepotkan anak. Maka itu, Anda perlu menjaga kondisi keuangan; yang bisa dilakukan dengan cara menabung, investasi, sampai memulai usaha.
 
Selain hal-hal di atas, Anda juga mesti memperhitungkan biaya dan gaya hidup selama masa pensiun. Dan untuk itu, catat apa saja aktivitas yang Anda jalani sehari-hari, apakah ada di antaranya yang bisa dilakukan dengan biaya yang lebih ekonomis.
 
Misal, hindari makan di restoran dan lebih mengonsumsi sayur dan buahan segar. Soal sayur dan buah ini juga bisa diakali dengan cara berkebun sendiri. Lalu, untuk kegiatan olahraga, bisa dilakukan tanpa biaya berlebihan. Lari kecil atau berjalan kaki di sekitar rumah bisa jadi pilihan aktivitas yang hemat secara biaya tapi tetap tinggi manfaat sehatnya.
 
Cermat memperhitungkan biaya membuat peluang stres akibat urusan finansial semakin kecil. Dengan demikian Anda sudah menekan salah satu potensi masalah yang mungkin dihadapi di tengah masa pensiun dan bisa fokus pada hal menyenangkan lainnya.
 
Melatih ketajaman pikiran dan ingatan
 
Salah satu hal yang juga berpeluang jadi masalah buat Anda yang tengah menjalani masa pensiun adalah menghadapi rasa bosan.
 
Menurut salah satu penelitian, kebosanan muncul karena kurangnya makna hidup. Dan makna dalam hidup biasanya dirasakan saat daya pikir seseorang teraktualisasi dengan baik; mengutip pernyataan populer dari filsuf Descrates, “Cogito ergo sum” yang artinya "Aku berpikir maka aku ada."
 
Hal tersebut sebelumnya relatif mudah Anda rasakan saat masih aktif bekerja, tapi kini Anda sudah tidak menjalaninya lagi. Sebagai pengganti, lakukan berbagai hal yang menantang ketajaman berpikir dan mengingat Anda; contohnya, melahap buku-buku favorit atau terbaru, bermain kartu atau catur bersama teman-teman, bahkan jika menggemarinya, menonton sepakbola pun bisa memberikan kontribusi terhadap usaha mengasah kerja otak.
 
Otak yang tertantang membuat Anda bisa mengalihkan diri dari rasa bosan dan lebih senang menjalani hari-hari dalam kehidupan.
Mencoba hal-hal baru
 
Terkait tantangan dan bahasan pada poin ini, ada film yang menarik untuk menjadi inspirasi: The Bucket List (2007) yang diperankan oleh Jack Nicholson dan Morgan Freeman. Dalam film itu, keduanya berusaha memanfaatkan masa tua mereka untuk menuntaskan daftar berbagai kegiatan baru dan seru, yang belum sempat mereka lakoni ketika muda dulu.
 
Hal ini bisa juga Anda lakukan, untuk membuat masa pensiun Anda lebih seru lagi dan akhirnya membuat Anda puas dan lebih bahagia. Misalnya, menerbitkan buku, berpelesir ke luar negeri, atau mungkin sesederhana membuat akun Facebook atau Instagram untuk berbagi pengalaman hidup. Anda mungkin bakal merasa asing, bingung, atau bahkan takut; tapi mungkin Anda membutuhkan sederet sensasi emosional itu.
 
Mengikuti kegiatan komunitas
 
Bergabung dan mengikuti aktivitas bersama dalam sebuah komunitas, membuat seseorang merasa dirinya bermakna secara emosional. Karena dalam kesempatan itu ia bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan kalau hubungan sosial yang intens bisa meredam kemungkinan depresi.
 
Entah itu sekadar kegiatan senam bersama setiap akhir pekan, atau pelatihan kewirausahaan untuk pengusaha di masa pensiun, bisa dipastikan Anda mendapatkan manfaat ekstra dari situ.
 
Menariknya lagi, dengan melakukan sederet hal di atas, kemungkinan besar Anda meraup beberapa keuntungan sekaligus. Misal, mengurangi menyantap makanan restoran dan lebih sering mengonsumsi sayur dan bebuahan segar, bisa menghemat biaya sekaligus menjaga kesehatan. Atau jika mengikuti pelatihan kewirausahaan, Anda bisa memperbesar peluang sukses berbisnis, sekaligus bersosialisasi. Yang jelas, hidup jadi lebih bermakna, menyenangkan, dan tentunya bahagia.
Slide 1 Slide 1
 
Call Center +62 361 227887
Copyright © 2016 PT. Bank Mandiri Taspen Pos. All Rights Reserved.