Links

Pencarian
Suku Bunga & Tarif
Simulasi
 

Ikuti Kami di




Olahraga Pilihan Khusus Lansia

Sumber Photo : Bank Mantap.
5 Olahraga Lansia yang Bisa Dilakukan di Rumah
Kegiatan olah fisik tak hanya penting untuk kalangan muda, tapi juga penting dilakukan oleh lansia. Karena, seiring bertambahnya usia seseorang, fungsi organ tubuh cenderung mengalami penurunan; dan hal itu memang nyaris tidak mungkin dihindari. Jika Anda termasuk kelompok lansia, yang bisa diusahakan adalah menjaga laju penurunan fungsi organ tubuh melalui olahraga.
 
Olahraga penting dilakukan secara rutin, bersamaan dengan menjalani gaya hidup sehat, menghindari kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada kesehatan (seperti merokok atau mengonsumsi minuman keras), juga mengatur asupan makanan yang baik untuk badan Anda.
Pertanyaannya, apa saja jenis olahraga yang aman dilakukan?, terutama oleh Anda yang sudah berada di tahap usia lanjut dan masa pensiun? Karena olahraga untuk lansia punya kadar intensitas berbeda dengan kebanyakan orang. Maka, pilih olahraga yang aman dan mudah dilakukan di lingkungan rumah, tapi juga berdampak pada kondisi fisik prima.
 
Senam
 
Aktivitas ini termasuk yang paling lumrah jadi pilihan penggiat olaraga berusia lanjut. Hal ini tentu tidak termasuk senam artistik atau akrobatik, melainkan senam aerobik ringan atau yang biasa kita kenal sebagai senam kesegaran jasmani (SKJ).
 
Jenis tersebut merupakan rangkaian gerak senam yang dilakukan lewat iringan musik, dengan tujuan meningkatkan dan mempertahankan kesegaran dan kebugaran badan. Menurut ahli, SKJ yang dilakukan secara rutin baik dampaknya terhadak kinerja jantung dan paru-paru, serta juga melenturkan otot-otot tubuh.
Secara umum, urutan gerakan pada SKJ adalah pemanasan seperti jalan di tempat, sembari melakukan kombinasi gerakan kepala dan bahu; disusul gerakan peralihan, yang adalah gerakan awal dikombinasikan dengan gerakan maju mundur dan bertepuk tangan; dan kombinasi gerakan intinya.
Untuk melakukan kegiatan ini, Anda tinggal mencari lagu atau bahkan video panduannya di YouTube, lalu mengikutinya. Sebaiknya dilakukan pagi hari di ruang terbuka, seperti teras rumah atau kebun belakang.
 
Berjalan kaki
 
Bisa dibilang ini merupakan salah satu kegiatan olahraga paling sederhana tapi manfaatnya segudang. Kalau Anda merasa belum cukup rutin melakukannya, sebaiknya segera jalani aktivitas ini setiap pagi.
 
Berjalan kaki bisa dilakukan hanya dengan berkeliling area rumah Anda. Yang mungkin perlu dipastikan adalah rutenya tidak terlalu jauh dan pilih jalanan mendatar. Persiapannya pun tidak merepotkan; selama Anda mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman sudah cukup.
Manfaat berjalan kaki sangat luar biasa. Menurut berbagai penelitian, berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Otot juga semakin kuat, bisa menurunkan berat badan, melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol kadar gula.
Untuk efek yang lebih besar lagi, berjalan kaki turut menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko stroke, sangat baik untuk paru-paru, menekan kadar kolesterol jahat dan membantu otak melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih senang dan bahagia.
 
Melatih keseimbangan
 
Menjaga kekuatan otot sekaligus melatih koordinasi sistem saraf membuat Anda memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik. Untuk ini biasanya aktivitas yang dianjurkan adalah menjalani latihan Tai Chi, kombinasi gerakan lambat asal China atau Yoga yang baik untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.
Namun, jika Anda ingin melakukannya di rumah, ada beberapa gerakan yang bisa dilakoni seperti dianjurkan pakar asal Amerika Serikat, Fabio Comana, MA, MS, seperti berdiri dengan satu kaki.
Anda bisa melakukannya menggunakan kursi, dinding atau pohon untuk membantu keseimbangan tubuh. Caranya, tanggalkan salah satu kaki di samping lutut kaki satunya, dan tahan posisi tersebut selama 30 detik sampai 1 menit. Lakukan secara bergantian dengan kaki lainnya.
Jika sudah mulai terbiasa, lepaskan tangan dari kursi, dinding, atau pohon dan kembali lakukan latihan ini tanpa berpegangan. Awalnya mungkin Anda akan merasakan otot agak pegal, tapi setelah terbiasa Anda akan merasakan tubuh jadi lebih enteng dan stabil.
 
Berkebun
 
Kegiatan ini mungkin seperti kurang pas disebut sebagai olahraga, tapi berkebun membuat tubuh kita bergerak cukup aktif. Dari mulai berdiri, membungkuk, berjongkok, lalu berdiri lagi. Tanpa disadari, berkebun bisa membuat Anda berkeringat, mendapatkan manfaat olah fisik, dan memacu hormon endorfin pada otak.
Anda bisa melakukan hal ini dalam beberapa cara; mulai dari membuat kebun vertikal, dengan rak kayu yang tersusun ke atas; menggunakan ember atau baskom yang sudah tidak terpakai; hingga memanfaatkan dinding atau pagar rumah sebagai medan Anda bercocok tanam. Jenis tanaman yang bisa diolah juga beragam, dari mulai sawi, bayam, kangkung, cabai, sampai bebuahan.
Aktivitas ini juga memberikan Anda ruang untuk berkreasi, seperti menggunakan kulit jeruk bali atau semangka sebagai pot; memanfaatkan cangkang telur; hingga botol bekas yang bisa dicat berwarna-warni. Berkebun bisa jadi kegiatan fisik sekaligus misi pribadi untuk mengembangkan kebun Anda sendiri.
 
Melatih pernapasan
 
Ada beberapa jenis olahraga yang baik untuk melatih pernapasan Anda; dari mulai yang sederhana seperti menarik napas dalam-dalam dan melepaskannya, sampai ke menjalani latihan Tai Chi.
 
Sistem pernapasan dan kelancaran aliran darah dalam tubuh bergantung pada kesehatan paru-paru. Temuan British Lung Foundation menyatakan bahwa saat beraktivitas, otot-otot dalam tubuh mengirimkan pesan pada otak bahwa tubuh membutuhkan oksigen dalam jumlah besar. Itulah mengapa melatih pernapasan ini penting.
 
Seperti sempat disebutkan, Anda bisa melakukannya dengan berdiri tegak sembari menarik napas dalam-dalam, lalu melepaskannya perlahan. Lakukan kegiatan ini berulang-ulang pada pagi hari. Selain itu juga, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pada sistem pernapasan dari kegiatan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai di sekitar area rumah.
 
Adapula latihan Tai Chi yang inti dari pelatihannya adalah melatih pernapasan. Penelitian salah satu universitas di Australia pada 2012 mengungkapkan bahwa orang yang menderita penyakit paru obstruktif kronik memiliki kualitas hidup lebih baik setelah melakukan Tai Chi. Untuk bisa melakukan latihan Tai Chi di rumah, sama seperti SKJ, Anda bisa membuka instruksi gerakan di channel YouTube dan mengikutinya.
 
Direkomendasikan Anda melakoni sederet aktivitas di atas secara rutin. Selain membuat tubuh terasa segar, kegiatan-kegiatan tersebut juga akan membantu mengisi waktu luang Anda di masa pensiun secara produktif.
Slide 1 Slide 1
 
Call Center +62 361 227887
Copyright © 2016 PT. Bank Mandiri Taspen Pos. All Rights Reserved.