Links

Pencarian
Suku Bunga & Tarif
Simulasi
 

Ikuti Kami di




Siaran Pers Medium Term Notes Tahap I Bank Mantap

Sumber Photo : Bank Mantap.
Jakarta, 17 November 2016 – Medium Term Notes (MTN) atau yang disebut surat hutang jangka pendek Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) memperoleh banyak peminat (over subscribed) dari investor. Hal ini terlihat dari penawaran awal (bookbuilding) yang diterima penjamin emisi dengan nilai Rp 540 miliar atau 150 persen dari target dari emisi sebesar Rp 350 miliar, dari nilai yang diserap MTN tahap 1 tersebut dengan jangka waktu 1 tahun.
 
Menurut Direktur Paulus Endra Suyatna, tingginya penawaran yang masuk mengindikasikan kepercayaan investor yang baik kepada perseroan dalam mengelola bisnis. “Kami berharap dengan keberhasilan penerbitan MTN ini karena dapat membantu Bank Mantap melakukan ekspansi bisnis terutama dalam rangka mendukung pembiayaan kredit kepada para pensiunan PNS dan TNI/Polri,” ungkap Endro.  
 
Dalam penerbitan ini, perseroan menetapkan MTN sebesar Rp 350 miliar dengan kupon 9.50 persen per annum. Surat utang ini bertenor 370 hari dan akan jatuh tempo pada 28 November 2017. Frekuensi pembayaran bunga dilakukan secara triwulanan dengan pembayaran bunga pertama pada 18 Februari 2017, adapun penjamin pelaksana emisi penerbitan MTN ini adalah Mandiri Sekuritas serta Bank Mandiri sebagai pemantau.
 
Lebih lanjut, Endro mengatakan Bank Mantap mencari likuiditas di pasar modal karena pertumbuhan kredit yang ekspansif. Pada November 2016 kredit yang diberikan mencapai Rp 4,2 triliun, tumbuh 151,5 persen dari periode tahun lalu. Pertumbuhan kredit yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan DPK menyebabkan rasio pinjaman terhadap simpanan atau loan to funding ratio (LFR) mencapai 93.03 persen per tanggal 15 November 2016.
 
MTN tersebut menarik bagi investor di tengah keringnya produk investasi berkupon tinggi, dengan kupon yang lebih tinggi, tentu akan membuat MTN Bank Mantap lebih menarik. Pefindo memberikan rating idA+ (investment grade) bagi MTN Bank Mantap, yang artinya perseroan dianggap memiliki kemampuan memenuhi kewajibannya. Di samping itu Bank Mantap sahamnya dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga tingkat risiko untuk gagal bayar akan semakin kecil.
 
Tentang Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap)
 
Bank Mantap merupakan bentukan dari 3 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Taspen (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero)  yang sebelumnya bernama Bank Sinar Harapan Bali dan secara resmi berganti nama menjadi Bank Mandiri Taspen Pos per tanggal 7 Agustus 2015 seiring dengan keluarnya ijin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk penggunaan nama baru tersebut.
 
Sampai dengan bulan November 2016 total Asset yang dimiliki Bank Mantap di posisi Rp 5,51 triliun atau tumbuh sekitar 127,3 persen, sedangkan posisi Dana Pihak ke-3 mencapai Rp 4,59 triliun atau tumbuh sampai dengan 173,6 persen dan untuk penyaluran kredit berkisar Rp 4,3 triliun atau meningkat sampai 195,4 persen, sedangkan laba bersih yang dihasilkan sebesar Rp 69,442 miliar sebelum pajak atau naik sampai dengan 123,8 persen dari periode yang sama tahun lalu.
Slide 1 Slide 1
 
Call Center +62 361 227887
Copyright © 2016 PT. Bank Mandiri Taspen Pos. All Rights Reserved.