Links

Pencarian
Suku Bunga & Tarif
Simulasi
 

Ikuti Kami di




Bank Sinar Luncurkan UPLK Pertama di Bali

Gianyar, 31 Mei 2013– Berdasarkan data Bank Dunia tahun 2012, dari penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 240 juta jiwa, akses masyarakat ke perbankan masih rendah, belum mencapai 50%. Dari sisi usaha mikro, kecil dan menengah yang jumlahnya di Indonesia sekitar 52juta orang, baru sekitar 12% yang bersentuhan dengan bank. Layanan perbankan yang menjangkau masyarakat hingga ke pelosok desa mutlak diperlukan sebagai salah satu sarana untuk menekan angka unbanked sekaligus sebagai katalisator terciptanya financial inclusion secara menyeluruh di masa mendatang.

Bank Sinar Jreeeng memulai program “Bank Sinar Masuk Desa” dari Gianyarmelalui layanan “UPLK Jreeeng”. UPLK adalah Unit Perantara Layanan Keuangan atau mitra kerja bank yang melayani jasa keuangan untuk masyarakat seperti warung, toko, koperasi atau unit usaha lainnya. “UPLK Jreeeng” ini adalah inovasi dari brachless banking (layanan bank tanpa kantor). “Diharapkan dengan adanya “UPLK Jreeeng”, masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan/akses bank sekarang bisa terlayani,” jelas Dirut Bank Sinar I Wayan Sukarta Dharmawan dalam acara peluncuran UPLK Jreeeng pertama di Bali.   

“UPLK Jreeeng” Bank Sinar yang pertama di Bali diluncurkan di Batuyang, Batubulan melalui UPLK Jreeeng UD. Mahayana Mart di Jalan Batuyang No. 116 Batubulan, Sukawati. Acara pembukaan dilaksanakan tanggal 31 Mei 2013, khusus bagi pelanggan yang membuka rekening tabungan di “UPLK Jreeeng” pada 31 Mei 2013 akan memperoleh saldo sebesar Rp. 25ribu.

Di UPLK yang ditunjuk, masyarakat yang sudah mendaftar menjadi nasabah dapat melakukan pengecekan saldo rekening, penyetoran & penarikan uang tunai, mengirim dan menerima transfer uang dan melakukan pembelian dan pembayaran tagihan. Seluruh transaksinya tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan handphone. Dari Gianyar diharapkan nantinya“UPLK Jreeeng” akan masuk ke seluruh pelosokdesadan kecamatanyang tidak ada bank sehingga masyarakatyang belum ber-bank bisamemiliki rekening bank melalui UPLK Jreeeng. “Ketika transaksi mikro bisa terakses oleh masyarakat maka diharapkan akan dapat meningkatkan transaksi  pembiayaan UMKM di daerah tersebut”, tambah I Wayan Sukarta Dharmawan.

Menurut Direktur IT & Operation Bank Sinar IGN Alit Asmara Jaya, Bank Sinar telah meluncurkan layanan branchless banking sejak 28 November 2011 namun masih tanpa UPLK karena belum adanya ketentuan yang mengatur tentang hal tersebut.Menyusul diluncurkannya secara resmi layanan keuangan inklusif oleh BI pada 15 Mei 2013, dengan brand Sinar Sip, masyarakat sudah bisa mengakses layanan bank dengan menggunakan telepon seluler melalui UPLK yang akan berada di 3 (tiga) kecamatan di provinsi Baliyaitu Kecamatan Bebandem, Kecamatan Sukawati, dan Kecamatan Kediri. Bank Sinar membuka kesempatan bagi masyarakatuntuk punya usaha di 3 lokasi tersebut untuk dapat menjadi UPLK sepanjang memenuhi ketentuan.

Sinar Sip merupakan tabungan khusus yang dibuat Bank Sinar untuk layanan branchless banking iniyangfiturnyamirip dengan Tabunganku. Saat ini Bank Sinar bekerjasama dengan salah satu provider Telco yaitu Axis dan saat ini sedang dalam proses penyiapan kerjasama dengan telco lainnya. Yang khusus dari layanan kami juga adalah bahwa Sinar Sip merupakan layanan m-bankingdimana nasabah Sinar Sip dapat melakukan transaksi apabila mempunyai rekening lainnya di Bank Sinar. UPLK yang ditunjuk dapat melayani masyarakat yang akan melakukan pembukaan rekeningSinar Sip, penarikan,penyetoran danadan transaksi lainnya khusus untuk rekening Sinar Sip.

Bank Sinar akan bekerjasama denganUPLK di 3 (tiga) Kecamatandi Bali yangwilayahnya memiliki keterbatasan akses pada layanan bank. Dengan adanya UPLK ini nasabah dapat membuka rekening dengan hanya membawa handphone dengan SIM card GSM dan fotokopiKTP, serta mengisi formulir yang telah disediakan di UPLK.  UPLK  kemudian akan membantu nasabah hingga rekening nasabah aktif dengan statusBasic Account sampai dengan dokumen diterima bank akan menjadi full service account. Kedepannya, Bank Sinar akan membuka “UPLK Jreeeng” di tempat yang belum terjangkau oleh layanan bank di seluruh pelosok Bali.

 

Hingga akhir April 2013jumlah nasabah Sinar Sip sudah mencapai mencapai 2.607rekeningdengan porsi unbanked sebanyak 18,78% dan menunjukkan peningkatan dari bulan ke bulan. Dari bulan Januari s/d April 2013 total frekwensi transaksi mencapai 15.003 dengan nilai sebesar Rp. 743,64 juta.Adapun 3(tiga)transaksi terbesar yang dilakukan nasabah adalah setor, pembelian dan pengiriman uang.Gianyar, 31 Mei 2013– Berdasarkan data Bank Dunia tahun 2012, dari penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 240 juta jiwa, akses masyarakat ke perbankan masih rendah, belum mencapai 50%. Dari sisi usaha mikro, kecil dan menengah yang jumlahnya di Indonesia sekitar 52juta orang, baru sekitar 12% yang bersentuhan dengan bank. Layanan perbankan yang menjangkau masyarakat hingga ke pelosok desa mutlak diperlukan sebagai salah satu sarana untuk menekan angka unbanked sekaligus sebagai katalisator terciptanya financial inclusion secara menyeluruh di masa mendatang.

Bank Sinar Jreeeng memulai program “Bank Sinar Masuk Desa” dari Gianyarmelalui layanan “UPLK Jreeeng”. UPLK adalah Unit Perantara Layanan Keuangan atau mitra kerja bank yang melayani jasa keuangan untuk masyarakat seperti warung, toko, koperasi atau unit usaha lainnya. “UPLK Jreeeng” ini adalah inovasi dari brachless banking (layanan bank tanpa kantor). “Diharapkan dengan adanya “UPLK Jreeeng”, masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan/akses bank sekarang bisa terlayani,” jelas Dirut Bank Sinar I Wayan Sukarta Dharmawan dalam acara peluncuran UPLK Jreeeng pertama di Bali.   

“UPLK Jreeeng” Bank Sinar yang pertama di Bali diluncurkan di Batuyang, Batubulan melalui UPLK Jreeeng UD. Mahayana Mart di Jalan Batuyang No. 116 Batubulan, Sukawati. Acara pembukaan dilaksanakan tanggal 31 Mei 2013, khusus bagi pelanggan yang membuka rekening tabungan di “UPLK Jreeeng” pada 31 Mei 2013 akan memperoleh saldo sebesar Rp. 25ribu.

Di UPLK yang ditunjuk, masyarakat yang sudah mendaftar menjadi nasabah dapat melakukan pengecekan saldo rekening, penyetoran & penarikan uang tunai, mengirim dan menerima transfer uang dan melakukan pembelian dan pembayaran tagihan. Seluruh transaksinya tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan handphone. Dari Gianyar diharapkan nantinya“UPLK Jreeeng” akan masuk ke seluruh pelosokdesadan kecamatanyang tidak ada bank sehingga masyarakatyang belum ber-bank bisamemiliki rekening bank melalui UPLK Jreeeng. “Ketika transaksi mikro bisa terakses oleh masyarakat maka diharapkan akan dapat meningkatkan transaksi  pembiayaan UMKM di daerah tersebut”, tambah I Wayan Sukarta Dharmawan.

Menurut Direktur IT & Operation Bank Sinar IGN Alit Asmara Jaya, Bank Sinar telah meluncurkan layanan branchless banking sejak 28 November 2011 namun masih tanpa UPLK karena belum adanya ketentuan yang mengatur tentang hal tersebut.Menyusul diluncurkannya secara resmi layanan keuangan inklusif oleh BI pada 15 Mei 2013, dengan brand Sinar Sip, masyarakat sudah bisa mengakses layanan bank dengan menggunakan telepon seluler melalui UPLK yang akan berada di 3 (tiga) kecamatan di provinsi Baliyaitu Kecamatan Bebandem, Kecamatan Sukawati, dan Kecamatan Kediri. Bank Sinar membuka kesempatan bagi masyarakatuntuk punya usaha di 3 lokasi tersebut untuk dapat menjadi UPLK sepanjang memenuhi ketentuan.

Sinar Sip merupakan tabungan khusus yang dibuat Bank Sinar untuk layanan branchless banking iniyangfiturnyamirip dengan Tabunganku. Saat ini Bank Sinar bekerjasama dengan salah satu provider Telco yaitu Axis dan saat ini sedang dalam proses penyiapan kerjasama dengan telco lainnya. Yang khusus dari layanan kami juga adalah bahwa Sinar Sip merupakan layanan m-bankingdimana nasabah Sinar Sip dapat melakukan transaksi apabila mempunyai rekening lainnya di Bank Sinar. UPLK yang ditunjuk dapat melayani masyarakat yang akan melakukan pembukaan rekeningSinar Sip, penarikan,penyetoran danadan transaksi lainnya khusus untuk rekening Sinar Sip.

Bank Sinar akan bekerjasama denganUPLK di 3 (tiga) Kecamatandi Bali yangwilayahnya memiliki keterbatasan akses pada layanan bank. Dengan adanya UPLK ini nasabah dapat membuka rekening dengan hanya membawa handphone dengan SIM card GSM dan fotokopiKTP, serta mengisi formulir yang telah disediakan di UPLK.  UPLK  kemudian akan membantu nasabah hingga rekening nasabah aktif dengan statusBasic Account sampai dengan dokumen diterima bank akan menjadi full service account. Kedepannya, Bank Sinar akan membuka “UPLK Jreeeng” di tempat yang belum terjangkau oleh layanan bank di seluruh pelosok Bali.

 

Hingga akhir April 2013jumlah nasabah Sinar Sip sudah mencapai mencapai 2.607rekeningdengan porsi unbanked sebanyak 18,78% dan menunjukkan peningkatan dari bulan ke bulan. Dari bulan Januari s/d April 2013 total frekwensi transaksi mencapai 15.003 dengan nilai sebesar Rp. 743,64 juta.Adapun 3(tiga)transaksi terbesar yang dilakukan nasabah adalah setor, pembelian dan pengiriman uang.

Slide 1 Slide 1
 
Call Center +62 361 227887
Copyright © 2016 PT. Bank Mandiri Taspen Pos. All Rights Reserved.