Links

Pencarian
Suku Bunga & Tarif
Simulasi
 

Ikuti Kami di




Mandiri, Pos Indonesia dan Taspen Bentuk Bank Joint Venture

 

Jakarta, 31 Januari 2013 – Tiga perusahaan negara, Bank Mandiri, PT Pos Indonesia dan PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menandatangani kesepahaman untuk membentuk bank joint venture. Pembentukan bank itu bertujuan untuk memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat.

 

Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditandatangani Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana, Direktur Utama Taspen Agus Haryanto dan Direktur Utama Bank Sinar Harapan Bali I Wayan Sukarta serta disaksikan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan di kantor Kemeterian BUMN Jakarta, Kamis (31/1).

 

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, sinergi ini merupakan bentuk dukungan perusahaan negara dalam memperkuat akses masyarakat pada layanan keuangan (financial inclusion). Bank tersebut juga akan fokus mengembangkan sektor Usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM), sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

 

Saat ini, lanjut Zulkifli, Indonesia masih menghadapi tantangan berupa terbatasnya akses layanan finansial. Berdasarkan data Bank Dunia, sekitar 49% penduduk Indonesia masih belum memiliki akses ke tabungan, kredit dan produk asuransi. Keterbatasan terhadap akses layanan finansial tersebut mengakibatkan tidak optimalnya pertumbuhan bisnis dan perekonomian. Selain itu, minimnya akses masyarakat menengah ke bawah pada layanan finansial juga menghambat upaya pengentasan kemiskinan.

 

“Melalui sinergi ini, kami ingin membuat lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang dapat terlayani jasa keuangan. Sebab, bank joint ventures ini dapat menggunakan jaringan kantor Pos Indonesia yang tersebar di wilayah-wilayah rural,” kata Zulkifli Zaini.

 
Direktur Utama PT Taspen Agus Haryanto mengatakan, penandatanganan MoU hari ini adalah dalam rangka pemberian pelayanan melebihi harapan kepada peserta (Delighted Customer Service) dengan tetap mengacu pada regulasi yang berlaku, terutama dalam hal pertanggungjawaban pembayaran pensiun yang dilakukan oleh mitra kerja Pembayar Pensiun.

 

Dijelaskannya, sebagai BUMN yang menyelenggarakan 2 jenis program yaitu Program THT dan Program Pensiun, PT Taspen telah mereformasi pelayanan yang meliputi inovasi dan perubahan sistem layanan dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal, guna meningkatkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan pelayanan Taspen kepada peserta. Reformasi pelayanan tersebut meliputi, reformasi formulir dan proses klim, portabilitas layanan dan elektronisasi dapem. Reformasi lainnya adalah di bidang pelaporan transaksi pembayaran pensiun (e-Dapem) dan strategi Strategi Pengolahan Data.

“Misalnya, penyederhanaan formulir klim dari 22 jenis formulir menjadi 2 jenis formulir, serta mempersingkat proses penyelesaian klim dari semula 7 titik proses klim menjadi 3 titik. Selain itu pengajuan klim pembayaran Pensiun pertama dan Tabungan Hari Tua juga dapat dilakukan di seluruh kantor cabang Taspen tanpa terikat domisili akhir peserta,” jelasnya

Sementara Aplikasi e-Dapem, menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan sistem pengendalian pembayaran pensiun secara efektif serta mempercepat laporan pertanggungjawaban pembayaran pensiun kepada pemerintah. Dengan sistem ini tentunya keamanan keuangan negara dalam pembayaran pensiun yang dilaksanakan oleh TASPEN dapat lebih terjamin.

“Kami juga telah bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara, (BKN), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) untuk mendukung strategi pengumpulan dan peremajaan data,” tambahnya

Sedangkan bagi PT Pos Indonesia, kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen Perseroan dalam upaya mendukung transformasi yang tengah dilakukan, seperti peningkatan service, Good Corporate Governance (GCG) dan culture. Selain itu, kerjasama ini juga akan mengoptimalkan infrastruktur yang dimiliki PT Pos Indonesia.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, mengatakan hingga saat ini Pos Indonesia memiliki 3.702 kantor pos online dari 3.800 kantor cabang. Selain itu juga ada lebih dari 1.380 agen pos di seluruh Indonesia yang online. Jaringan yang luas hingga ke pelosok Indonesia ini merupakan value yang dimiliki PT Pos Indonesia.

“Diharapkan dengan kerjasama ini nasabah Pos Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok mendapatkan layanan produk dan jasa perbankan yang lebih optimal“ ungkap Ketut.

Tentang PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance serta Treasury, Financial Institution & Spesial Asset Management. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Bank Sinar Harapan Bali (UMKM), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan) serta Mandiri AXA General Insurance (asuransi kerugian).

Hingga September 2012, Bank Mandiri mempekerjakan sekitar 28.518 karyawan dengan 1.733 kantor cabang dan 7 kantor cabang/perwakilan/perusahaan anak di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 10.466 ATM, yang tersambung dalam jaringan ATM Link dengan jumlah total 31.139 ATM, Jaringan Electronic Data Capture (EDC) sebanyak 143.384 unit serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center.

Tentang PT Taspen (Persero)

PT TASPEN (PERSERO) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ditugaskan oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan 2 jenis Program, yaitu Program THT dan Program Pensiun Sebagaimana amanah PP 25 Tahun 1981 dan PP 26 Tahun 1981 bagi Pegawai Negeri Sipil. Dengan jumlah peserta sebanyak 6.848.725 orang terdiri dari Peserta Aktif 4.557.524 orang serta Peserta Pensiun sebanyak 2.291.201, Jaringan Kantor Cabang PT Taspen meliputi 6 Kantor Cabang Utama, 39 Kantor Cabang dan 3 Kantor Cabang Pembantu, dengan Jumlah SDM : 1.943 Orang.

Dalam menjalankan program THT dan Program Pensiun  seperti  sebagaimana  amanah tersebut diatas, TASPEN bekerja sama dengan Mitra Bayar yaitu (Bank dan PT Pos Indonesia) dengan jumlah titik layanan sebanyak 11.360

Tentang PT Pos Indonesia (Persero)

PT Pos Indonesia (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang layanan pos. Selain melayani pengiriman surat ke berbagai daerah di Indonesia, saat ini layanan Pos Indonesia juga sudah mencakup dunia internasional. Selain itu fasilitas layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia juga sudah semakin beragam tidak hanya terbatas pada dunia surat menyurat tetapi juga layanan lain seperti keuangan dan lain-lain. Fasilitas transfer uang melalui Pos Indonesia bisa dinikmati oleh para pelanggannya. Fasilitas pembayaran tagihan listrik, air, dan telepon pun bisa dinikmati di kantor-kantor Pos Indonesia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam pelayanan Pos Indonesia terhadap pelanggannya merupakan suatu strategi yang diambil oleh Pos Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Kini PT Pos Indonesia menuju perusahaan jejaring nasional yang terpercaya.

Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1
 
Call Center +62 361 227887
Copyright © 2016 PT. Bank Mandiri Taspen Pos. All Rights Reserved.